Artikel Populer
Oleh: Siti Dian Nurfitri
Peran Pesantren Dalam Dunia Pendidikan
Pengertian Pendidikan Pesantren
Sebelum kita bahas lebih jauh tentang Peran Pesantren di Dalam Dunia Pendidikan kita harus mengetahui terlebih dahulu apa makna dari pendidikan itu sendiri, jika didalam Bahasa Inggris pendidikan diartikan sebagai 'education' jadi dapat disimpulkan makna dari arti kata pendidikan itu sendiri adalah bentuk tentang pelajaran, dan pengajaran yang kita dapatkan bertujuan untuk membimbing kita kearah yang lebih baik, pendidikan sebagai bentuk pengajaran memiliki arti bahwa pendidikan merupakan aspek penting untuk memberikan sesuatu yang awalnya kita tidak ketahui menjadi lebih tahu berkat bantuan dari arti kata Pendidikan itu sendiri. Dalam Bahasa Latin Pendidikan diartikan sebagai educatum, jika dipecahkan satu persatu katanya akan terbentuk kata E, dan Duco, E yang berarti 'perkembangan', sedangkan Duco adalah 'yang sedang berkembang'. Jika kedua kata itu digabungkan maka mengandung arti 'Perkembangan yang sedang berkembang'. Apa sih sebenarnya yang berkembang, dan apa yang sedang berkembang itu? Perkembangan diartikan sebagai bentuk tahap proses pertumbuhan, dari pertumbuhan tersebut akan terbentuklah sesuatu yang lebih besar dari sebelumnya menghasilkan sebuah 'pembentukan', dan yang sedang berkembang itu diartikan sebagai diri kita sendiri yang telah terbentuk, dan mengalami pembentukan karena telah mengalami proses dari pertumbuhan tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa pendidikan mempunyai peran penting dalam membentuk karakter diri kita. Sedangkan Pesantren diartikan sebagai bentuk Madrasah, Madrasah jika dalam Bahasa Arab berarti belajar yang diambil dari kata darasa, dan yang dipelajari dalam Madrasah adalah kurikulum tentang pelajaran yang bersifat keagamaan, khususnya agama Islam. Didalam pondok pesantren itu terdapat kata santri, atau didalam sekolah umum familiar disebut dengan kata murid, perbedaan yang mencolok antara murid, dan santri adalah jika murid tidak bisa melakukan staycation, maka seorang santri bisa, sampai dia menuntaskan semua pendidikan di Pondok Pesantren tersebut. Tidak sedikit juga santri yang melakukan pengabdian di sebuah Pesantren, dalam pengabdian ini mereka akan mendapatkan tugas sebagai pengurus pondok pesantren sebagai bentuk rasa hormat, dan balas jasa santri atas ilmu yang sudah didapatkannya, pengabdian itu dapat berupa bentuk pengajaran yang dibagikan lagi kepada junior, atau adik kelasnya.
Dari kedua pengertian tersebut antara Pendidikan, dan Pondok Pesantren terdapat dua persamaan, yaitu sama-sama dapat memberikan pengajaran, dan pelajaran untuk kehidupan yang jauh lebih baik, dan tentram, didalam persamaan tersebut tentunya juga terdapat sebuah perbedaan, karena ketika kata pendidikan dikaitkan dengan kata pesantren maka terdapat pemisahan antara urusan kehidupan dunia, dengan akhirat, pemisahan hubungan ini terdapat perbedaan antara hubungan kesuksesan dalam bisnis, dengan kesuksesan kerohanian didalam menjalankan ibadah kepada Allah Swt. Jadi apa sih sebenernya peran pesantren didalam dunia pendidikan ini? Tidak perlu jauh-jauh, bahkan pesantren ini sudah ada, dan terjamin pengajarannya sejak zaman nabi beberapa abad yang lalu, terbukti pada saat Nabi melakukan dakwah ke daerah pelosok, seperti kota Thaif, dan Bani Sa'ad, pada saat sahabat Nabi menjadikan rumah Arqam bin Abil Arqam sebagai tempat belajar ilmu-ilmu Islam selain itu pada masa kesultanan, dan kerajaan telah didirikan Pondok Pesantren di Surabaya, Jawa Timur bernama Padepokan Ampel yang didirikan oleh Syekh Maulana Malik Ibrahim kurang lebih pada tahun 1998, bahkan Soewardi Soerjaningrat, atau yang dikenal sebagai KI. Hajar Dewantara kurang lebih pada tahun 1922 setuju dengan pendapat Dr. Soetomo, beliau pernah memuji sistem Madrasah yang terdapat di pondok pesantren, dan beliau mengungkapkan bahwa "Konsep Pendidikan yang ada di Pondok Pesantren itu sejati, dan nyata, sehingga Pondok Pesantren sangat bagus , dan cocok disebut sebagai Pendidikan Nasional" bahkan kurikulum yang ada di Pendidikan Nasional pun seharusnya menanamkan nilai-nilai pendidikan yang terdapat di Pondok Pesantren, dan hal ini sudah terbukti kebenarannya hingga sekarang. Tak jarang kita menemukan sekolah-sekolah umum yang memberikan pengetahuan ilmu agama didalamnya, hal ini dikarenakan selain belajar tentang ilmu agama, sistem kurikulum yang terdapat di Pondok Pesantren juga menanamkan nilai-nilai moral akhlak didalamnya yang berguna untuk kehidupan berbangsa, dan bernegara karena dapat memupuk rasa nasionalisme yang tidak anarkis, dan tahu porsi, tidak berlebihan, sehingga dapat mengetahui yang mana yang benar, dan yang mana yang salah, agar tidak "membenarkan yang dianggap salah, dan menyalahkan apa yang dirasa benar"
Peran Pendidikan Pesantren Sejak Zaman Nabi Sampai Sekarang Bahkan Sudah Ada di Perguruan Tinggi
Selain di sekolah-sekolah umum, hal ini juga dapat dilihat dari pembangunan pendidikan perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia, seperti UIN, IAIN, STAIN, yang banyak dari mahasiswa hingga para alumninya mencetak beberapa prestasi yang membanggakan hingga ke mancanegara, pada saat kurang lebih tahun 2000 banyak pendidikan jurusan umum yang ada di Universitas Islam seperti, Manajemen, Psikologi, Hubungan Internasional, Ilmu Teknologi, Kedokteran, dsb. Dan banyak juga bantuan dari luar negeri, dalam bentuk uang, maupun beasiswa demi perkembangan pendidikan mahasiswa/inya baik dalam segi sarana, maupun prasarananya.
Karena pada dasarnya, pesantren didalam dunia pendidikan dapat dikatakan sebagai pewaris umat beragama sejak pada zaman dahulu, bahkan terdapat sejak zaman Nabi yang mengedepankan nilai-nilai sumber ajaran Islam didalamnya, banyaknya bantuan untuk pendidikan pesantren dapat dikatakan sebagai bentuk bahwa peran pesantren juga sangat penting dalam memajukan sistem pendidikan yang ada di Indonesia dengan cara menanamkan nilai moral yang terdapat didalam pendidikan pesantren dalam kontribusinya terhadap perkembangan ilmu, dan akhlak, dan berbagai nilai ajaran bernuansa sumber ajaran Islam yang dikhususkan untuk para muslim diseluruh Indonesia, bahkan dunia didalam membangun pendidikan nasional yang terdapat di sekolah umum, agar tercapainya keseimbangan ilmu pendidikan yang sempurna lahir, dan batin.
Referensi:
NATA ABUDDIN PENDIDIKAN NASIONAL DALAM PERSPEKTIF KULTUR PESANTREN". DIAKSES PADA 20 NOVEMBER 2022. PADA
HTTP://ABUDDIN LEQUINJKT AO.ID/ARTICLES/PENDIDIKAN-NASIONAL-DALAM-PERSPEKTIF-KULTUR-PESANTREN
PUTRI, RISA HERDAITA. (2020, 10 MET) PONDOK PESANTREN, DAN PENYIARAN ISLAM TERTUA: DIAKSES PADA 10 DESEMBER 2022, PADA HTTPS/HISTORIA ID/AMP/AGAMA/ARTICLES/PON DOK-PESANTREN-DAN-PENYIARAN-ISLAM TERTUA-DI-JAWA-P3NAD
UPY, PGSD, "DEFINISI, TUJUAN DAN FUNGSI PENDIDIKAN DIAKSES PADA 02 DESEMBER 2022, PADA HTTPS//PGSD.UPY ACID/INDEX.PHP/JADWAL/PROFIL-LULUSAN/2-UNCATEGORISED/12-PENDIDIKAN
VOI (2022, 08 JULI), PESANTREN ERA KOLONIAL DI NUSANTARA: RUMAH IDEAL BELAJAR DAN MELAWAN PENJAJAH BELANDA DIAKSES PADA 08 DESEMBER 2022, DARI HTTPS://VOLID/AMP/188214/PESANTREN-ERA- KOLONIAL-DI-NUSANTARA RUMAH-IDEAL- BELAJAR-DAN-MELAWAN PENJAJAH BELANDA
Komentar
Posting Komentar